• Posted by : Unknown October 18, 2012

    Lagu-lagu Indonesia ternyata banyak yang diadaptasi maupun dinilai mirip dengan versi luar negeri, seperti berbahasa Mandarin, India,  dan Inggris. Berikut beberapa di antaranya:
    1. Sephia (SO7)
    Lagu “Sephia” yang dibawakan grup band asal Yogyakarta, Sheila on 7, diminta oleh seorang produser rekaman asal Taiwan untuk dibuat versi Mandarin. Judul lagu ini berubah menjadi “Sophia”, dan dinyanyikan oleh penyanyi bernama Chyi-chin.
    2.Tak Bisakah (Peterpan)
    Banyak lagu India yang disadur ke dalam Bahasa Indonesia. Namun, yang terjadi sekarang sebaliknya, lagu Peterpan berjudul “Tak Bisakah” dibuat versi India, judulnya berubah menjadi “Kya Mujhe Pyaar Hai” yang merupakan soundtrack film “Woh Lamhe”.
    3. Dangdut is the Music of My Country (Project Pop)
    Lagu dari grup Project Pop ini diadaptasikan ke versi Mandarin dengan judul “Wu La Ba Ha”. Lagu ini menjadi soundtrack sebuah serial drama Taiwan berjudul The X Family.
    4. Teman Tapi Mesra/TTM (Ratu/Maia Estianty)
    Sebuah grup asal swedia, Ladylike, pernah meluncurkan single berjudul “Dreaming of The Time”. Lagu ini dinilai mirip dengan lagu “Teman Tapi Mesra” yang pernah dibawakan oleh grup Ratu (besutan Maia Estianty).
    5. My Heart (Acha Septriasa featuring Irwansyah)
    Lagu yang dibawakan oleh Acha Septriasa dan Irwansyah ini diadaptasikan dalam bahasa Mandarin, namun tetap memiliki judul yang sama, yaitu “Heart”. Nicholas Teo/Nicholas Zhang, seorang penyanyi asal Malaysia yang terkenal di Taiwan memasukkan lagu “Heart” ke dalam albumnya yang dirilis Juni 2007 berjudul “Prince Nicholas”.
    6. Sempurna (Andra and the Backbone)
    Nicholas Teo ternyata tak hanya menyanyikan lagu “Heart”. Dia juga mengadaptasi lagu “Sempurna” dari Andra and the Backbone ke dalam bahasa Mandarin.
    Lagu-lagu lainnya yang dinilai mirip dengan lagu-lagu berbahasa Inggris yaitu lagu Mulan Jameela “Makhluk Tuhan Paling Seksi” (Mulan Jameela) dengan lagu “Time Is
    7. Running Out” (Muse).
    Kemudian “Pangeran Cinta” (Dewa) dengan “Immigrant Song” (Led Zeppelin),  serta “Sang Dewi” (Titi DJ) dengan “The World Is Not Enough” (Garbage).
    Selain yang sudah disebutkan, masih banyak lagu-lagu lain yang dinilai mirip dengan bahasa asing.( diolah dari berbagai sumber/yri)

    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • - Copyright © 2013 Zona Gaptek - K-ON!! - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -